Sertifikasi Kompetensi dan Magang Internasional PTV 5-22 November 2022 (University of Rhode Island, USA)

Alhamdulillah November kemarin saya berhasil terpilih bersama 194 peserta lain dalam Program Beasiswa Sertifikasi Kompetensi dan Magang Bersertifikat yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Saya berhasil lolos untuk Program Health Science- Qualitative and Quantitative Approaches for the Authentication of Traditional Herbal Medicines. Program ini telah berlangsung selama 2 Minggu dimulai pada tanggal 7 -18 November 2022 di College of Pharmacy, University of Rhode Island, USA


Program Beasiswa Sertifikasi Kompetensi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi bertujuan untuk mendukung program penguatan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi baik di politeknik maupun universitas, meningkatkan kompetensi wawasan dan pengetahuan dosen terkait perkembangan dan dinamika industri dalam wadah ekosistem dan tata kelola perguruan tinggi vokasi yang baik dan sehat untuk menuju reputasi perguruan tinggi global, serta mendorong keunggulan program vokasi yang sesuai dengan potensi daerah dan kebutuhan dunia usaha dan industri (DUDI).  Para dosen diharapkan dapat mentransfer pengetahuan dan ketrampilan tentang teknologi terbaru kepada para mahasiswa dan mengembangkan program vokasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Kegiatan yang dilaksanakan selama program Sertikom ini antara lain pengajaran tentang penelitian berbasis kelas yang mengidentifikasi komponen bioaktif dalam tanaman obat. Teknik meliputi cara ekstraksi, pemisahan kromatografi, melakukan proses bioassay, kromatografi cair berkinerja tinggi, spektrometri massa, dan cara mengidentifikasi komponen bioaktif dari tanaman obat.
Setelah mengikuti sertikom, diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh untuk mahasiswa dan masyarakat. Para mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan yang mereka butuhkan sehingga siap memasuki dunia kerja.

***Kingston, RI (21st Nov 2022)


One thought on “Sertifikasi Kompetensi dan Magang Internasional PTV 5-22 November 2022 (University of Rhode Island, USA)

Tulis komentar mu, kawan :)