Share: Tips Mencari Jodoh

Source: Jampasirunik.blogspot.com

Sebelum kena timpuk pembaca, saya mau kasih disclaimer dulu bahwa ini berdasarkan observasi yak. Belum berdasarkan teori yang diuji validitas dan reliabilitasnya (haha)😛

Sebelum kemana-mana hayoo yang jomblo simak dengan baik-baik yak. Yang udah nikah, kasih tau temen ato sodaranya yang masih jomblo yak (uhuyy)

1.Mantapkan Diri Dulu Dong

Iya. Ini tips nomor 1 dari Mamah Dea (ahaha). Mantapkan diri dulu dong. Kalau mau cari jodoh untuk menikah, kita harus 100% yakin dan mantap akan menikah. Ini untuk landasan langkah berikutnya sih. Repot gak sih pas udah dikenalin sama calon jodoh eh tiba-tiba hati kita labil lagi. Hadeuuh. Mending jangan sampe ya guys. Mantepin diri dulu emang ini waktunya untuk cari jodoh yang serius (ciyee) dan insyaAllah emang ini waktunya untuk nikah.

Sebenernya mantepin diri ga susah dilakukan kalo kita emang udah punya rencana. Misalnya, ada yang emang rencana nikah abis S1, ada juga yang rencana mau serius cari jodoh kalo udah selesai S2. Semua halal dan boleh-boleh aja kok. Hehe. Yang terencana itu lebih baik. Asal jangan cari jodoh pas aki-nini aja ya. Telat itu sih😀

2.Tanya Kesiapan Keluarga

Iya. Yang ini penting banget loh. Ga lucu kalo kita udah kesana kemari mencari jodoh ternyata ortu kita masih belum siap/belum rela untuk menikahkan kita. Wah, itu sih bisa mewek nanti jadinya. Hihihi. Upayakan mulai komunikasi minimal 1 tahun sebelum waktu yang kamu rencanakan untuk mencari jodoh (menikah).

Ajak ngobrol rutin ortu dengan suasana santai bin ngelawak biasanya bisa tuh lama-lama ngerebut perhatian ortu. Pada umumnya ortu tuh ga menyadari loh anaknya udah siap/pantas untuk menikah.

Nah, ini juga bisa jadi salah kita sih. Siapa suruh masih kekanak-kanakan? Nah, buat yang udah mau mencari jodoh dan menikah, ada baiknya kalian mulai ambil peran-peran dewasa dalam keluarga.

Kesiapan keluarga ini juga sampe tentang isu sensitive yaitu budget pernikahan. Ya ga mesti nodong nanya langsung sih. Tapi dengan cara nanya yang santai bin ngelawak tadi kita jadi bisa tuh mengulik rahasia reksadana atau deposito yang ortu kita siapin buat biaya pernikahan kita . Ngareeep😛

3.Mulai Dekati Allah Secara Intensif

Iya. Kalau poin 1 dan 2 udah (mulai) dilakuin, nah sekarang poin 3 nih. Mulailah dekati Allah secara intensif. Anggep aja kita mau SPMB/SIMAK/UMPTN gitulah. Nikah kan juga hal besar banget dalam kehidupan, nah sebelum kesana kemari mencari link jodoh lebih baik kita dekati Allah dulu🙂

Banyakin doa buat minta petunjuk dan terus berdoa supaya Allah kasih ridho-Nya dalam tiap pengambilan keputusan.

Beberapa orang tanya tentang respon dari sholat istikharoh. Sehabis sholat, jawaban ga melulu dateng dari mimpi loh. Kalian bisa aja bermusyawarah dan menemukan kemantapan setelah bermusyawarah tadi. Sholat istikharoh itu jawabannya berupa kemantapan hati atas suatu pilihan.

Kalo belum mantep-mantep gimana? Cek lagi sholatnya bro en sis. Mungkin sholat kitanya yang belum bener. Atau terlalu banyak perintilan yang bikin Allah ga kasih kemantapan juga bisa tuh. Misalnya kita sendiri yang belum sepenuhnya berserah diri dalam sholat kita.

Jadi sebenernya poin ke 3 ini selalu untuk selamanya bagai lagu ya (ceileh). Lakukan pendekatan secara intensif kepada Allah dalam setiap langkah menuju pencarian jodoh biar jodoh yang akhirnya bersanding ama kita itu bener-bener jodoh yang taqwa-able (huwooo)

Nah, kira-kira segitu dulu tips mendasar saat kita udah mulai kepikiran sama hal berbau jodoh dan menikah😛

Loh, terus cari jodohnya gimana kaka? Sebetulnya bisa aja kita minta cariin jodoh sama :

a.Keluarga

b.Temen

c.Kakak kelas

Atau kombinasi ketiganya juga bisa, hehehe. Kalo udah semua siap, kita mantep, ortu udah kasih sinyal oke, dan koneksi kita sama Allah juga udah oke, biasanya tiba-tiba suka ada tuh cara Allah kasih petunjuk kemana atau lewat siapa kita minta kenalin/cariin jodoh.

Kalo cari sendiri boleh ga?Bolee aja kaka (ala pedagang di ITC)

Semua cara selama sesuai syariat Allah boleh-boleh aja, contoh kita yang menawarkan diri gituh untuk jd jodoh seseorang😛 (Ciyeeee)

Terus nanti kalo udah ada yang mulai nawarin pilihan jodoh (hazeek) cara kita tau kalo he’s/she’s the one gimana kaka?😛


4 thoughts on “Share: Tips Mencari Jodoh

Tulis komentar mu, kawan :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s