Pentingnya punya kalender pribadi

“Mil, masa suburku kapan ya…???”

“Mil, gimana tahu perkiraan lahir anak…???”

pertanyaan yang sering saya dapat dari teman teman😀, terakhir pertanyaan pertama diatas, hee… Ari sahabat saya meminta untuk dihitungkan masa suburnya, sepertinya Ari lagi program punya anak nih temans🙂 maka, saya akan tanyakan siklus menstrusinya teratur atau tidak dan tanggal biasa menstruasi setiap bulannya, dan kebanyakan dari teman teman pasti mengatakan tidak mengerti dan tidak biasa mengingat kapan seharusnya menstruasi tiba…. duh aduh jika sudah begini saya mana bisa jawab😦

penting lho buat cewek mau yang belum menikah maupun sudah untuk memiliki kalender pribadi, kalender saku yang hanya dimengerti oleh kita sendiri dalam artian kalender untuk mencatat segala macam aktifitas hormonal termasuk menstruasi setiap bulan, terutama yang sudah menikah dan berencana memiliki momongan nih😛 penting untuk mengetahui masa subur dan kapan waktunya ovulasi [sel telur dibebaskan untuk siap dibuahi]

Kalender ditandai tanggal pertama mendapat menstruasi  sampai hari terakhir menstruasi [dicentang, dibuletin, atau dikasi warna terserah ;)] begitu seterusnya setiap bulan. Normalnya, menstruasi berlangsung selama 3 – 7 hari. Siklus menstruasi [dihitung dari hari pertama periode menstruasi – hari dimana pendarahan dimulai disebut sebagai hari pertama yang kemudian dihitung sampai dengan hari terakhir – yaitu 1 hari sebelum perdarahan menstruasi bulan berikutnya dimulai] bervariasi pada tiap cewek dan hampir 90% memiliki siklus 25 – 35 hari, gampangnya dikatakan teratur biasanya jika sekitar 28 hari sekali menerima tamu bulanan secara rutin😳

Ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya datang, jadi yang menstruasi teratur pasti bisa menentukan kapan ovulasi terjadi…. nah masa subur adalah plus minus 2 hari dari hari ovulasi atau hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam siklus haid

contohnya untuk teman teman yang pertama menstruasi semisal tanggal 10 Februari 2012 maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 21 Feb dan hari ke-16 jatuh pada tanggal 25 Feb. Masa subur yaitu sejak tanggal 21 Feb hingga tanggal 25 Feb, jika melakukan hubungan seksual diantara tanggal tersebut InsyaAllah deh🙂

trus Mil, gimana menentukan perkiraan lahir bayi…???

gampang, bidan atau dokter cukup berbekal kapan hari pertama menstruasi terakhir ibu, ibu yang pernah periksa ke bidan atau dokter mesti pernah ditanya yang satu ini kan😉

dengan rumus :

HPL [hari perkiraan lahir] = HPHT [hari pertama haid terakhir] + 7 hari – 3 bulan

contohnya ada ibu hamil yang mengaku telat mens 1 bulan, si ibu mengatakan terakhir mens bulan Januari 2012 tanggal 12. Jadi HPL =  12+7= 19 Januari 2012, lalu dikurang 3 bulan = 19 Oktober 2012, bayi bisa lahir maju/mundur seminggu dari tanggal 19 Oktober 2012, mudah?

Nah, penting kan mengingat siklus menstruasi setiap bulannya, selain untuk mendeteksi kelainan, menentukan masa subur, juga untuk perkiraan lahir… berguna juga sebagai metode KB alami yang dinamakan metode KB Kalender… dengan menghindari berhubungan seksual pada masa subur, ini mencegah bertemunya sperma dan sel telur, dengan begitu kehamilanpun bisa dihindari….

pic here


58 thoughts on “Pentingnya punya kalender pribadi

  1. setuju mbak mil, cewek memang kudu punya kalender pribadi.. dhe juga selalu ngelingkari.. jadi kalo pas udah tanggalnya tapi kok gk dapat, yaa siap-siap aja menderita pas dapat.. hehe, soalnya kalo telat sering sakit..😉

  2. Ha…ha…ha… kemarin saya sempat salah dalam menghitung masa subur. Dan efek dominonya sekarang telah ada si Labib. :lolL

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  3. baruuu aja kemarin saya ngomongin ini di kelas sama dosen n temen2… disini ada lagi, tapi ada tambahan perkiraan lahir tuh… makasih infonya mbk Mila^^
    skrg saya baru mulai lagi nandain kalender… soalnya yang kemaren-kemaren suka lupa nandainnya..kkk

  4. Subhanalloh… info yang begitu penting dan bermanfaat. 😀

    *mulai sekarang saya harus punya kalender pribadi nih🙂
    soale selama ini saya kurang perhatian ama yang hormonal seperti ini.

    Alhamdulillah.. dikasi ilmu ama mba mila.
    makasih banyak ya mba🙂

  5. kalau sekarang kan udah banyak app di HP yang untuk masalah ini yak mil.. Aku juga pasang, jadi tahu kapan seharusnya haid lagi dan kapan masa ovulasinya😀

Tulis komentar mu, kawan :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s