Patah tumbuh hilang berganti

Di fesbuk hampir semua teman semasa studi dari TK sampai PT bisa ditemukan, I’ve got my story and my friends disini [jangan meremehkan jejaring yang satu ini :mrgreen:] sampai sampai saya memiliki group masing masing tingkatan studi saya tersebut, ah… they’ve already been part of my life alumni SD 04 ku, alumni SMP 01 ku, alumni IPA 1 SMA 1 ku, MIDDYSEGAZ ku, dan aksi tutor 4 ku🙂

Dan hingga kini otomatis sudah ada 5 perpisahan yang saya alami SD, SMP, SMA, D3, dan D4. Seringkali mencoba-coba mengingat indahnya setiap masa itu. Namun, tidak ada yang perlu disedihkan, karena akhirnya kita bertemu penggantinya yang baru kan😎

Dari setiap masa itu, saya belajar banyak tentang arti persahabatan bagaimana menikmati mbosenin, nyenengin, lucunya hari hari saya waktu itu, akan selalu ada beda yang ternyata sedikit demi sedikit mengajarkan arti kedewasaan , dan dari sekian banyak perpisahan ini, yang paling membekas di memori sekaligus menyedihkan adalah perpisahan dengan sahabat kuliah saya, hee…ya iyalah ini baru beberapa bulan yang lalu🙂

kuliah- ngerjain tugas bareng- Jalan-jalan – gowes – ledek-ledekan – galau bareng- curhat – makan siang – kuliner -taun baruan- nginep – dan banyak lagi, kadang rindu kebersamaan di kota gudeg itu tak bisa saya bendung [apa sayanya yang lebay] ah entahlah apalagi sekarang dunia kerja ini hampir menyita banyak waktu luang saya, hampir tak ada waktu yang saya habiskan untuk bersantai😦, sahabat dan lingkungan baru yang menurut saya masih kurang terbuka dengan kehadiran saya [semoga ini hanya masalah adaptasi dan waktu]

Setelah lulus kuliah saya memutuskan kembali ke kampung halaman, otomatis yang tersisa teman sekolah dasar sampai SMA dari semua itu paling yang tertinggal hanya sebagian kecil saja, kebanyakan sudah memiliki dunia masing masing dan sudah punya sahabat yang lain, menikah dan memiliki anak… kadang sedih juga sih saya dan mereka tak bisa seperti dulu lagi😦

Dan hanya dunia maya sedikit mengobati rindu saya akan Jogja dan sahabat kuliah sekarang, haa…..lagi lagi Jogja, saya banyak membahas kota ini karena disinilah saya menemukan dunia baru, kota yang mampu menghipnotis saya untuk kembali dan kembali lagi, tempat menemukan sahabat sahabat terbaik dan tentu saja masalah  HATI😛

Setelah berpengalaman kesekian kali, sekali lagi akan jumpa dengan aroma perpisahan. Kuliah, yang katanya ga seindah SMA, ternyata saya nikmati juga. Sekali lagi, yang datang akhirnya terganti kan😉

Don’t be dismayed at goodbyes. A farewell is necessary before you can meet  again and meeting again, after moments or lifetime, is certain for those who are friends -Richard Bach


75 thoughts on “Patah tumbuh hilang berganti

  1. ^sahabat tetap saja sahabat …walaupun nanti nasib n peruntungan beda … tapi memang sahabat sehati … lebih terasa auranya sahabat waktu kuliah … teman seperjuangan … nice😛

  2. Senangnya bisa kembali mengenang yang indah2 di masa lalu, sahabat, peristiwa, semua memiliki masa masing-masing🙂

    Sepakat, FB memang sangat berjasa mengumpulkan sebagian memori yg tercerai berai itu😀

  3. …..mengalir bagai air yang selalu saja menemukan ceruk dan bebatuan baru….
    wah, asyik ya bisa ketemu teman sekolah di FB; kalo saya belum pernah ketemu satu pun teman MI, MTs, maupun PGA di FB, hiks…hiks… tapi untungnya ada beberapa teman kuliah yang ketemu…

    1. Wah…mba Niefha pengennnnnnn sebenarnya😦

      tapi ya untuk saat ini waktu sedang tak bersahabat dengan saya, mungkin nanti ya…InsyaAllah, amiiiin

  4. Saya jadi teringat sahabat sejati saya…kini dia udah gak bisa dihubungi akun FBnya saja sepertinya udah jarang dia pake….perpisahan dgn sahabat itu lebih menyakitkan ketimbang putus dengan pacar (menurut saya)

  5. waaah, yang namanya perpisahan hampir bisa dipastikan selalu meninggalkan kenangan yang mengharukan atau menyedihkan *jadi inget temen kuliah lagi*

    Semoga segera nyaman di lingkungan barunya, ya, Bu Bidan😀

  6. lagi kangen sama temen dan masa-masa yang di lewatin bareng ya ?
    emang seru sih kalo yang namanya sama temen-temen, udah banyak seru2an bareng😀

    mungkin nanti gue bakal ngerasain juga ya kalo udah gede (Lah ? emang sekarang masih kecil ?) ._.

    1. iyah….

      berani bertemu berani juga berpisah, ah….yang terakhir ini seslu menyisakan duka ya😦

      pasti ngerasain koq, jadi manfaatkan sebisa mungkin bersama sahabatnya sekarang ya😛

  7. Iya dulu aku juga membayangkan pas lulus SMA pasti kuliah gak akan lebih seru daripada SMA.. ternyata aku salah juga toh.. sama aja serunya, tergantung dari sisi mana kita melihatnya kan yak..

    Dan saat aku memasuki dunia kerja aku juga takut. Tapi lama-lama udah terbiasa juga akhirnya😀 Ya, seperti judulmu.. hilang satu bakalan tergantikan seribu kan yak😀

    1. Yupi mbak, setuju🙂

      kita belum tahu yang terbaik sebelum menjalaninya kan, perpisahan adalah caraNya untuk memberikan ganti yang terbaik sebelum perpisahan itu
      😛

  8. kalaupun ketemu teman lam di FB, mayoritas anak Fisika waktu SMA bisa nyambung lagi, dan tentu teman-teman sefakultas, yang sebagian besar tak lagi mengenali diriku secara fisik maupun aktifitas saya di kepenulisan, sesuatu yang jauh dari semasa kuliah dulu

    1. berarti saya beruntung ya, senangnya reuni di dunia maya🙂

      ga juga Blue, saya yakin itu adalah refleksi hati yang coba diungkapkan lewat tulisan, berat tidaknya relatif🙂

  9. bertemu dan berpisah, itu sudah warna kehidupanku, bahkan kadang setiap saat..sampai- sampai aku berkata begini ” saat kita bertemu, perlahan, perdetik, berjalan menuju perpisahan, saat kita berpisah, perlahan menuju kepada pertemuan” jadi enjoy aja lah mba.. memang indah mengingat keindahan masa lalu, namun lebih indah, kala kita bisa menikmati, menciptakan keindahan apa yang telah kita alami..

    baju barunya keren.

    1. iya, seperti kata orang dunia itu ibarat roda…..berputar terus dan tak ada yang benar2 abadi, nikmati karena ini bagian dari rencanaNya yang pasti indah kan ya🙂

      heheh, makasi🙂

  10. wah .. kami kaau kami ke tanah air juga selalu berusaha mampir semalam atau dua di yogya, nggak pernah bosan sellau ke sana

    baca postingan ini jd inget sahabatku nun jauh di sana

  11. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mila…

    Segala yang kita lalui dalam kehidupan ini, punya keindahan tersendiri yang tidak pernah terbayang sebelum pertemuan itu berlaku. tentu sedih terasa jua saat perpisahan menjelma. tapi teknologi masa kini bisa dimanfaatkan. pasti semuanya bisa menyenagkan setelah lama tidak bersua.

    sahabat adalah antara orang yang pernah membuat kita suka dan duka dalam hidup ini.
    Semoga bunda juga bisa masuk dalam sahabat yang baik kepada Mila. Aamiin, walau hanya di maya.😀

    1. Wa’alaikumussalam wr.wb….Bunda…..

      Alhamdulillah….. teman teman maya saya terutama Bunda Siti Fatimah bisa mengobati rindu dan sepi bila sendiri, tak berhenti bersyukur atas persahabatan ini….jauh dimata dekat dihati, amin

  12. kalau patah akan tumbuh🙂
    kalau hilang akan diganti🙂

    jadi kalau bersedih karena patah atau hilang sesuatu maka tersenyumlah karena nanti akan tumbuh dan digantikan dengan hal baru🙂

    aku jadi ingat sesuatu nich mbak😦

    1. pasti, untuk apa menyesal jika akan diganti dengan yang lebih baik gitu kan?

      semoga bukan “sesuatu” yang menyedihkan ya Eko🙂

Tulis komentar mu, kawan :)

