Nikmatnya Kesabaran


Alhamdulillah, saya bisa kembali menulis setelah sekian lama pamit menjemput setiap keping puzzle cita-cita saya 🙂, puzzle utuh yang saya harapkan terbentuk ketika second graduate saya Agustus nanti [amien…]

Saya merasakan betul perjuangan selama hampir satu bulan ini, setiap hari berkutat dengan layar monitor, makan tidak lagi teratur, kurang tidur Photobucket,  tapi harus tetap bugar ketika saatnya konsul dengan pembimbing, ini semua demi mempersiapkan segala sesuatu untuk kesempurnaan proposal TA saya. Kesabaran saya kerap diuji ketika tiapkali merasa usaha saya ini tidak benar-benar dihargai oleh dosen pembimbing, selalu saja ada bagian dari proposal yang menurut beliau kurang, revisi demi revisi yang hampir membuat saya jenuh, dan mulai berfikir negatif bahwa sebenarnya saya berhadapan dengan dosen yang selalu mempersulit mahasiswa Photobucket. Pernah suatu hari keadaan ini membuat saya putus asa lantaran dosen pembimbing secara sepihak menetapkan sesuatu yang membuat saya harus merombak hampir semua proposal saya, ketika itu saya kehabisan kata-kata untuk mempertahankan pendapat saya, apa jadinya??? Air mata saya pun tumpah [tentu tidak dihadapan beliau], musholla kampus adalah saksi bisu betapa merasa menderitanya saya waktu itu, mengadu pada Allah hikmah apa sebenarnya akan saya petik dari cobaanNya kali ini.

Astagfirullahaladzim, selama ini saya telah menjudge negatif dosen pembimbing saya, saya telah menyalahkan banyak orang atas setiap kegagalan yang sebenarnya berasal dari diri saya sendiri Photobucket, Allah mungkin sedang menegur saya bahwa usaha yang saya lakukan ini masih belum optimal, masih harus banyak membaca lagi, rasa egois yang masih tertanam kuat dalam diri saya, kurang bersabar, dan yang terpenting ibadah yang masih sangat kurang, bagaimana mungkin saya meminta segala urusan saya dilancarkan ketika kewajiban saya pada Allah seringkali saya abaikan 😦.

Ketika akhirnya hari dimana sidang proposal saya berlangsung, sungguh nikmat mana lagikah dari Allah yang saya pungkiri, hari itulah saya merasa nikmatnya bersabar. Masih terngiang ditelinga saya kalimat “perjuangan akan terasa manis jika didalamya berhasil melewati cobaan”, iyah….perjalanan menyelesaikan proposal saya pasti akan terasa hambar jika tak ada kerikil-kerikil tajam yang harus saya taklukkan, karena tak ada satupun yang bisa dikenang dan diambil hikmahnya.

Saya sadar ini masih sekedar proposal TA, masih akan sangat banyak cobaan yang harus saya lalui di kehidupan ini, saya seringkali berdoa agar Allah memberikan saya kekuatan, maka sebenarnya Allah sedang mengabulkan doa saya dengan menganugerahkan cobaan-cobaan yang harus saya lalui, dengan begitu saya akan menjadi seseorang yang kuat 🙂.

Photobucket

Dan satu lagi hikmah yang saya petik adalah betapa pentingnya menjadi diri sendiri “be your self” itu kata orang, menjadi diri sendiri apa adanya kita bukan menjadi diri orang lain, bahwa sebenarnya setiap manusia diberikan kelebihannya masing-masing, saya seringkali tidak bersyukur dengan nikmat yang Allah berikan dalam diri saya, saya iri melihat kelebihan orang lain, mengapa saya tidak bisa menjadi seperti mereka…Astagfirullahaladzim. saya tidak sadar sebenarnya begitu banyak orang menginginkan menjadi diri saya seperti saya ingin menjadi mereka…waduh-waduh sepertinya disinilah pepatah “rumput tetangga selalu tampak lebih hijau” berlaku, manusia memang makhluk yang tak pernah puas yah 😦.

Ya Allah jadikanlah saya manusia yang selalu bersyukur dengan nikmat yang Engkau berikan walau sekecil apapun itu, amien


40 thoughts on “Nikmatnya Kesabaran

  1. Alhamdulillah mbak…. selamat yach mbak…
    setidaknya mbak sudah melangkah satu langkah kedepan.🙂
    Semangat mbak…. nanti saya nyusul…😀

    Mila : Dan yakin setiap langkah akan selalu ada cobaan, karena hidup adalah perpindahan dari masalah satu ke masalah lain bukan🙂

    semangad ya bro

  2. Hanya sebagian kecil orank yang mempunyai kesabaran..

    #termaksud saya yang ga’ sabarann..:mrgreen:

    Mila : tak ada batas untuk bersabar kan yah🙂

  3. sabar.
    selama nafas bisa mengembuskan nafas.saya selalu berusaha belajar menjadi orang yang sabar & tawakal.

    salam sejahterah dan adem ayem

    Mila : Karena hidup adalah cobaan dan bersabar adalah ladang ibadah🙂

    salam juga mas, terimakasih jejaknya di sini🙂

  4. hehe, inget tahun lalu pas jaman jamannya gila TA.. tenang aje bu, insyAllah pasti dimudahkan.. banyak pengalaman dah.. dinikmatin perjalanannyaa

    Mila : Iyah mas, suatu hari nanti saya yakin hal iini akan jadi moment tak terlupakan bagi saya🙂

  5. saya telah menyalahkan banyak orang atas setiap kegagalan yang sebenarnya berasal dari diri saya sendiri <<<< banyak ni orang yang begini….tapi syukur lah…segera menyadarinya….terima kasih untuk tulisannya yang inspiratif….

    salam🙂

    Mila : Sama2 mas Nufri🙂

    makasi juga telah berkunjung

  6. tiada kesuksesan yg diraih dengan mulus2 saja mba…
    tetep semangat dan saya ikut mendoakan semoga ke depannya diberi jalan kemudahan oleh Allah SWT,, aamiin…

    Mila : Aamiin….makasih mas🙂

  7. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mila sayang…

    Itulah nikmatnya belajar dan melalui semua keperitannya. Bunda suka cara dosenmu membimbingmu Mila. Kayak bunda aja tuh. Insya Allah, kalau bisa memahami apa yang dikehendakinya, Mila bisa memperolehi banyak manfaat darinya. Dia tahu apa yang baik untuk Mila. Positiflah.

    Nanti Mila juga begitu kalau berada di tempatnya. Percayalah. Sekarang tidak keliatan lagi kenapa dosenmu berbuat demikian. Setelah hasil yang terbaik diperolehi, tentu dosenmu yang terbaik dipilih Allah buatmu yang nakal itu.

    Salam sayang dari bunda dan semoga berjaya.😀
    Pasrah mendidik hati jadi redha.

    Mila : Yupz Bunda….seharusnya saya memang harus berterimakasih dengan beliau, karena lewat tangan beliau lah Allah sedang menunjukkan sayangnya pada saya🙂

    terimakasih Bunda nasihatnya🙂

  8. Kekurangan diri kita tetap harus disyukuri. Kekurangan atau kelemahan kita bukan berarti menutup peluang dan kesempatan untuk tetap maju dan berprestasi kan?

    Mila : yup bener bgd mas, kekurangan membuat kita menghargai kelebihan, gt kan yah🙂

  9. haduhh.. gitu ya perjuangan skripsii?? hikss semester depan giliran saya nih nyusun skripsii..
    semangat yaa!! \(^0^)/

    Mila : Yang penting harus fokus Wi🙂

    ttp semangad ya untuk tahun depan🙂

  10. Wow keren,, sukses ya mbak. semoga kesabaran dan kerja kerasnya membuahkan hasil yang terbaik, amin..

    semangat~~~!

    Mila : Aamiin, makasih mas Maminx🙂

  11. lagi skripsi ya??? waaa, semangaaatt.. heheh aku juga pernah kyk gitu.. sangat menderita memang.. tapi.. ya nikmati saja😀

    Mila : Yups harus dinikmati sebagai sesuatu pengalaman hidup🙂

  12. assalamu’alaikum mba mila…
    semoga cepeyt lulus and go home…
    dakan aku juga yang di UMY ya….

    Mila : Wa’alaikumussalam…

    aamiin, iya mas sama2 saling mendoakan yang terbaik🙂

  13. do’a memberi kekuatan meski kadang tak terlihat…

    Mila : Do’a membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin🙂

  14. Waktu skripsi dulu saya ke dokternya ampe 6 kali karena sakit. Ya karena jika skripsi saya gak selesai dalam tempo 6 bulan saya harus ganti judul lagi. Tapi akhirnya jadi juga, nilainya A lagi🙂

    Mila : Hee….perjuangan tanpa meneguk pahitnya kesabaran memang gag akan ada artinya ya mas🙂

    sekarang past jadi kenangan tak terlupakan tuh🙂

  15. Alhamdulillah…saya ikut senang dengan keberhasilan mbak. Orang bijak bilang, untuk naik kelas kita harus melalui ujian dulu. Dan bagi mbak itu bermakna sangat harfiah🙂
    Selamat ya mbak…salam kenal juga🙂

    Mila : Iya mbak…kesuksesan tanpa pernah gagal, nanti gag bisa menghargai kesuksesan itu

    makasi kunjungannya ya mbaK🙂

  16. alhadulillah selesai juga. berarti segera balik ke lotim dong? sama seperti ipar saya yang kuliah di amikom YK. tahun ini bakal pulang kampung. dedikasi di kampung sendiri telah menanti tuh

    Mila : InsyaAllah, doakan yah🙂

  17. Selamat Mila …
    Akhirnya selesai …
    bisa bernafas lega …

    semoga ini bisa sekaligus memacu semangat untuk lebih maju lagi di masa yang akan datang

    salam saya

    Mila : Makasi Om….

    Aaaminn Ya Robb🙂

Tulis komentar mu, kawan :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s