Diantara Pilihan Yang Tak Pasti

Semalam, tak seperti biasanya obrolan saya dengan Ibu menyisakan air mata Photobucket, air mata yang kadang masih menetes hingga sekarang postingan ini ditulis, iyah obrolan saya dengan ibu menyisakan pilihan yang berat [setidaknya saat ini] yang harus saya pilih setelah lulus kuliah nanti. Bingung…..antara harus mengikuti pilihan orang tua dengan impian saya selama ini. Sesaat hati saya marah, marah dengan orang tua saya, marah dengan orang-orang yang tidak mengerti keinginan saya, saya merasa benar-benar sendiri Photobucket.
Hingga saya sadar hanya Allah-lah tempat semuanya dikembalikan, hanya Allah-lah tempat mengadu, malam itu saya mengadu sejadi-jadinya pada Allah, puncaknya setelah membaca surat Al-Baqarah ayat 216 air mata ini tak bisa lagi saya tahan, tiba-tiba saya sadar telah mendzolimi diri sendiri dengan keegoisan saya.

“…Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 216)

Iyah, saya telah men-judge bahwa keinginan saya lah yang terbaik, keinginan saya harus dituruti karena saya merasa hanya itulah yang membuat saya bahagia kelak Photobucket. Saya menganggap bila keinginan orang tua tidak saya turuti maka sayalah anak durhaka yang tidak mau mendengar kata orangtua.

Dari ayat Allah saya belajar kalau sebenarnya saya menghadapi pilihan yang tidak pasti, tidak pasti yang terbaik untuk saya, tidak pasti akan benar-benar menjamin kebahagiaan saya. Allah mengerti yang terbaik untuk hambanya, mungkin menurut saya baik tapi menurut Allah tidak pas untuk saya, patutkah saya protes? Ah….saya malu telah mengatur Allah padahal ini untuk kebaikan saya sendiri, saya malu tidak bisa menahan nafsu saya untuk tidak marah dengan Ibu [maafkan saya Bu😦 ].

Astagfirullohaladzim…ampuni Ya Allah

Seharusnya saya belajar dari pengalam saya dulu, ketika tiga tahun yang lalu saya benar-benar bingung bukan kepalang menentukan akan kemana saya setelah lulus SMA, dalam otak saya seabreg pilihan menunggu untuk masa depan saya, saya pernah bermimpi betapa senangnya saya bila diterima di PT ini Photobucket, betapa bangganya saya bila bisa kuliah di PT itu, ah..bla…bla… Saya kemudian berdo’a pada Allah untuk dipilihkan jalan yang terbaik, sama dengan do’a saya kali ini…..

Dan sekarang Allah benar-benar mengabulkan do’a saya, saya mengerti ternyata menurut Allah inilah yang terbaik untuk saya, saya tidak kuliah di PT ini, tidak juga di PT itu, tapi kuliah di Kampus saya sekarang, kampus yang tidak pernah ada dalam angan-angan saya sebelumnya, tapi saya senang dan bersyukur bisa menjadi civitas akademik kampus kebanggaan saya ini, bersyukur seandainya saya jadi kuliah di PT itu dan ini saya pasti tidak akan bertemu dengan sahabat saya Photobucket, maupun dosen2 terbaik yang pernah saya temui di Kampus saya yang sekarang. Iyah…inilah ternyata jalan takdir saya!

Mungkin akan sama ketika saya sangat menginginginkan seseorang menjadi pendamping hidup saya kelak, merasa si dia-lah jodoh saya, merasa si dia-lah akhir pencarian saya, sampai-sampai terpikirkan untuk tidak menikah selain dengan si dia Photobucket, berfikir bahwa hanya si dia yang dapat membuat saya bahagia, pokoknya hati saya cuma untuk dia, dan pokoknya-pokoknya yang lain…..lupa bahwa ada Allah yang berhak menentukan siapa sebenarnya jodoh saya, mungkin si dia menurut Allah bukan yang terbaik untuk saya tapi terbaik untuk orang lain. Haruskah saya sedih? Jawabannya adalah tidak.

Sumber gambar : Google images

—-


44 thoughts on “Diantara Pilihan Yang Tak Pasti

  1. Iya, tidak perlu sedih Mila, keputusan Mila sudah tepat… hanya kepada-Nya lah semua perkara dikembalikan… Dia lebih tahu yang mana yang terbaik buat hamba-Nya.

    Mila : InsyaAllah🙂

  2. memang kita terkadang punya keterbatasan dalam banyak sisi, menunjukkan bahwa kita memang terbatas, dibanding Tuhan yang Maha tak terbatas. Kalau aku bis memilih tentu aku memilih lahir dari kandungan seorang ibu kaya, tapi aku hanya lahir dari ibu yang miskin, tetapi beliau memberiku banyak hal yang susah sekali untuk membalasnya.

    Mila : Selalu ada Hikmah di balik peristiwa mas🙂

  3. Iya mila…
    seperti kisahku yang tidak bisa kuliah di PT idaman krn suatu alasan..

    ada hikmah disebalik itu….. ^_^

    semangattttttt….apalagi masalah jodoh heheheh

    Mila : Semangad juga mba Del🙂

  4. oleh karena itu mbak…. kita disunahkan untuk selalu beristikharah sebelum menentukan keputusan…
    adapun marah kepada ibu, saya sarankan njenengan untuk segera minta maaf dan bertobat karena siapa tahu tindakan tersebut termasuk dalam durhaka kepada orang tua. coba baca Al-Isra’: 23-24.

    duh maaf kalo komen saya terlalu menggurui. saya bener2 minta maaf kalo njenengan kurang berkenan.

    Mila : Nevermind mas, terimakasih nasihatnya

    iyah, saya tak seharusnya berbuat begitu pada orangtua saya, sekali lagi terimakasih🙂

  5. istiqarah dan setelah itu bismillah aja menjalaninya Mil..
    mungkin ga langsung kelihatan bahwa itu yang terbaik, tetapi pada saat yang tepat mila akan bersyukur telah memutuskan pilihan yang tidak menyakiti ibu dengan sedikit mengalah untuk kepentingan pribadi saat ini.

    Mila : InsyaAllah

    istikharah jalan terbaik, amien🙂

  6. Mintalah petunjuk kepadaNya, karna hanya Dia lah yang bisa memberimu jawaban yang pasti dan mana yang terbaik buat mbak.🙂

    Mila : Hanya Dia yang Maha Tahu

    terimakasih

  7. Pasrahkan segala sesuatunya kepada Ilahi Rabbi. Percayalah, ketentuan dari Allah adalah sesuatu yang terbaik buat kehidupan kita. Amin

    Mila : InsyaAllah

    terimakasih ya mas🙂

  8. kadang yang kita inginkan belum tentu yang terbaik untuk kita… dree percaya semua yang terjadi dalam hidup kita adalah yang terbaik yang Allah berikan untuk kita….

    link nya mila dah dree pajang di blogroll dree yak…. thx mila….

    Mila : Iyah, semoga yang akan saya jalani adalah yang terbaik, amien🙂

    tx linkbacknya yah Dree🙂

  9. dalam hidup kita pasti selalu dihadapkan pada pilihan. terkadang pilihan kita itu tidak selalu sesuai dengan yg kita harapkan.oleh karena itu kita kudu selalu berdoa supaya pilihan kita tepat

    Mila : Manusia boleh memilih, tapi Allah-lah yang maha menentukan🙂

  10. jahh..memilih yang gag pasti itu mang paling gag enak. milih yang mana, semua gag jelass..

    Mila : Oleh karena itu Istikharah menjadi penting, serahkan semuanya pada Allah gitu kan yah🙂

  11. Jangan sedih Non… Alloh Maha Tahu apa yang terbaik untuk kita
    Meskipun kadang kita butuh waktu untuk bisa nerima kenyataan..🙂

    Mila : InsyaALLAH🙂

  12. mantabb mbak, memang kepada Allah lah kita menyerahkan utk memilih diantara 2 pilihan…

    Mila : Hanya kepada Allah kita pasrahkan yang terbaik🙂

  13. semua pasti indah pada akhinya, karena kita bakal mengetahuinya kalo sudah menjalaninya…
    tetap semangat

    link mila sudah saya tanam di blog saya.. makasih

    Mila : InsyaAllah tetap semangad🙂

    terimakasih linkbacknya🙂

  14. memang pilihan itu sulit…
    mngkin memang yg ditunjukkan Allah bkn jln yg kita sukai,tpi sbenarnya itu yg terbaik buat kita..
    Smangat ya prend..:D

    Mila : Pasti, trims🙂

  15. patuhilah kedua orang tuamu meskipun pait dirasakan dan janganlah patuh jika orang tua menyuruh berbuat maksiatan …tetep semangat mba mila….

    Mila : Pasti mas

    terimakasih🙂

  16. betul juga, adakalanya baik untuk kita belum tentu baik dalam pandangan Tuhan, begitupun sebaliknya
    yang penting tetep optimis untuk medapatkan yang terbaik sesuai dengan pilihan hati…😀

    Mila : Dan Istikharah untuk mendapat petunjukknya, gitu kan mas🙂

  17. sejauh ini saya berprinsip, apapun yang telah terjadi adalah yang terbaik, dan apapun yang telah terpilih pasti akan menjadi yang terbaik🙂

    Mila : Betul mas🙂

  18. Semua pasti akan ada hikmahnya.. Saya juga kuliah di tempat yang belum terbayangkan sebelumnya. Ada maksud tersirat dari yang tersurat dalam setiap peristiwa😀

    Mila : Karena Allah Maha Mengetahui yang terbaik mas🙂

  19. sebenarnya kalau nurut sama ortu selama itu bukan utk berbuat maksiat padaNya insya Allah berkah de’… percayalah…

    Mila : Iyah mba, sulit untuk menyingkirkan sifat egois ini😦

  20. Kuncinya pada keyakinan diri bahwa Allah lebih mengetahui yang terbaik untuk kita, cobalah untuk shalat istikharah, Mbak Mila.

    Mila : InsyaALLAH sist🙂

    terimakasih

  21. tapi meski bingung anda juga mesti harus memilih🙂

    Mila : Iyah, sesulit apapun mesti memilih😦

  22. di antara 2 pilihan memang menyulitkan
    tapi harus memilih di antara 1 pastikan pilhan yang dipilih adalah yang terbaik…,

    Mila : Hanya kepada Allah t4 meminta yang terbaik

  23. nyapa mila ah….. pagiiiiii mila…..

    lom posting baru lagi yak???

    Mila : Pagi Dree, udaranya seger yach!!!

    belon ada inspirasi sist😀

  24. numpang komen mb mila..🙂 lam kenal..
    memang segala sesuatu Allah yang menentukan.. semangat ya.. t(^0^)/

    Mila : Silahkan sist🙂

    terimakasih yah, salam kenal

  25. sekarng QK datang lagi, membaca dan berkomentar… nggak hanyanumpang lewat:mrgreen:

    hidup itu pilihan Mila… pilihan dengan segala resikonya🙂 tapi sepertinya memilih apa yg sudah dipilihkan sama ortu juga nggak ada salahnya ya… pasrahkan saja… kepada Nya😉

    HIDUP!!! ^_^

    Mila : hidup adalah pilihan…

    Terimakasih Kika🙂

  26. gimana ya?
    kadang orangtua yang benar. kadang kita yang benar. dan kita tak tahu ini yang mana yang akan terjadi.

    Mila : Untuk itu istikharah menjadi penting, gitu kan yah🙂

  27. semoga menuju pilihan yang tidak pasti dengan baik, sehingga menjadi pelajaran untuk perubahan dari semua pilihan itu, chayoo🙂

    Mila : Amien

    terimakasih🙂

Tulis komentar mu, kawan :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s