Janji Setia, adakah?

Masih lekat di ingatan saya satu tahun yang lalu, ketika membaca postingan sahabat saya di blog pribadinya, blog yang hampir semua postingannya menceritakan betapa ia sangat bahagia dan bersyukur memiliki pacarnya saat itu, sahabat saya dan pacarnya ini kuliah di universitas dan fakultas yang sama yang hingga saat itu sudah pacaran selama 2 tahun, ah..bisa dibayangkan betapa dekatnya dua sejoli yang lagi dimabuk cinta ini Photobucket, bergandengan tangan, kemana-mana selalu berdua, tidak pernah sekalipun saya melihat sahabat saya ini tanpa si pacar, pokoknya tiada hari tanpa kebersamaan, yah sepertinya dunia hanya milik mereka berdua Photobucket, kami bahkan punya sebutan untuk mereka berdua yaitu si truk gandeng…

Di blog itu pulalah sahabat saya mengumbar kata- mesra dan foto-foto cintanya dengan sang pacar, janji untuk saling setia satu sama lain, kata-kata yang tak ingin masing2 punya teman dekat lawan jenis yang akan membuat salah satu menjadi cemburu Photobucket, maupun rencana2 untuk masa depan mereka yang menurut saya terlalu berlebihan untuk ukuran pasangan yang belum terikat tali pernikahan.

Tapi seminggu lalu saya dibuat terkejut karena saya tidak sengaja menemukan blog serupa milik pacar sahabat saya ini akan tetapi wanita yang ada dalam blog tersebut bukan sahabat saya melainkan wanita lain yang belakangan saya tahu adalah pacar barunya Photobucket, ah…saya kemudian tidak sabar untuk menanyakan hal ini  dan apa jawaban sahabat saya

iya mil, aku udah putus 8 bulan lalu ternyata aku baru sadar kami memang tidak cocok, sekarang aku udah punya pacar lagi yang lebih baik dari dia..dan aku dengar dia juga sudah lama punya pacar…”

huh…apa artinya kata2 setia yang terucap diantara mereka berdua Photobucket, begitu cepatnya rasa cinta itu hilang tak berbekas, tidakkah mereka malu karena telah mengumbar kemesraan yang ujungnya hanya kata putus yang terucap, semudah itukah kata setia itu diingkari ????

Otak saya berfikir keras, jadi mengapa sahabat saya melakukan itu, apa mereka tidak mengerti arti kesetiaan sepenuhnya, saya kemudian teringat postingan mb ade tentang kesetiaan yang kadang datang kadang pergi, tak ada yang abadi di dunia ini apalagi pengakuan cinta sepasang manusia yang belum terikat pernikahan. Jadi mil intinya? yah ini adalah pelajaran berharga bagi saya bahwa seharusnyalah Setia itu  tidak digantungkan kepada mahluk selain Allah.


61 thoughts on “Janji Setia, adakah?

  1. Setia seperti hanya barang mainan saja. Sungguh menyedihkan

    Mila : Iyah mas…menyedihkan, menggantungkan setia kepada pacar, teman atau yang lain harus siap2 kecewa kali yah😦

  2. Nah….. memang bahaya yang namanya “janji setia” ini…
    Saya hanya percaya bahwa “janji setia” ini hanya ada di ikatan pernikahan.🙂

    Mila : Janji setia kepada suami atau isteri juga tidak akan abadi selama si suami isteri itu sadar bila menyakiti perasaan pasangan masing2 adalah dosa [kq jadi ceramah yah saya :)], hanya Allah-lah tempat setia yang sebenar-benarnya. Amien!

    1. setuju juga mbak….
      mana ada istilah pacaran pake setia-setia..
      toh ku terus di khianati kok…
      wakakakakakak…

      Mila : Setia itu cuma diangan kali yah, klo ujungnya dikhianati juga🙂

  3. sulit dah buat koment tentang janji setia…
    ntr bisa komentar tapi ga bisa ngelakuin hehehhehe

    Mila : Komentar kan bisa dijadikan cambuk biar bisa setia🙂, ya g mas?

  4. Kalo boleh menarik kesimpulandari tulisan di atas adalah, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita kelak… Segala sesuatunya bisa berubah kapanpun, bahkan tanpa kita sadari..🙂

    Mila : Iyah, masa depan hanya Allah-lah yang tahu🙂

  5. galibnya kita manusia, ketika diterpa badai asmara dan memilih jalan cepat ke arah mendekati zina, maka tidak mungkin benih kesetiaan itu tumbuh. kesetiaan hanya akan mungkin tumbuh dan berkembang jika diikat dengan tali suci pernikahan . salam kenal😉

    Mila : Iyah mas, kesetiaan yang ditujukan kepada selain Allah tak akan pernah abadi
    mikir [nyambung gak ya]🙂

  6. ketika cinta hanya sebatas kata2, maka setia pemanis saja,
    maka letakkan cinta menjadi sebuah sesuatu yan luar biasa,
    yang perlu dijaga dan dibina agar memperoleh kebaikan dari cinta,
    agar setia menjadi sumpah yang dijunjung tinggi yang tak mungkin
    dirusak oleh sebuah ‘perselingkuhan’…

    semoga setia yang diikatkan pada cinta-Nya akan lebih abadi
    dan membawa keberkahan… -wallahu a’lam-
    🙂

    Mila : Setia yang hanya kepada-Nya, dijamin 100% tidak akan pernah diselingkuhi, gitu kan mas🙂🙂

  7. makanyaaa jangan pacaran
    hahahaha

    itulah akibatnyaa xixi

    Mila : Wkwkwk

    Saya sih lebih milih gak pacaran aja dah [takut sama komennya mas helga🙂 :)]

  8. bahkan yang sudah menikahpun belum tentu bisa menjaga kesetiaan.

    Mila : Tapi setidaknya pasangan yang yang sudah terikat tali pernikahan mengetahui konsekuensi ketidak setiaan itu, ya kan mba [takut salah mode : on]

  9. betul kesetiaan itu nisbi… hanya akan terbukti oleh waktu yang terus berlalu… dan org akan mengenangnya untuk itu

    Mila : Waktulah yang akan membuktikan kesetiaan, bener tu mba🙂

  10. yup.. utk yang telah terikat ikatan yang sah, setia itu menjadi sesuatu yang utama.. kalau hanya sekedar pacaran, kek nya itu hanya angin2an deh Mil…😉

    Mila : Iyah mba, mengharapkan pacar untuk tetap dan selalu setia hanya angan-angan yah😦

  11. dalam pernikahan juga tidak benar2 ada kata setia bukannya yah? hanya saling menjaga hati satu sama lain agar kata “setia” itu tetap melekat.

    Mila : Hanya saja pernikahan itu adalah ikatan yang sah, kesetiaan malah sesuatu yang diharuskan, beda sama pacaran🙂

  12. kalau saya menilai mereka berdua itu sama2 sombong
    sombong karena merasa hanya mereka berdualah yang menentukan masa depan mereka tanpa melibatkan Sang Pencipta, semoga mereka cepat menyadari dan bertaubat kepada Allah Swt

    Mila : Saya juga berdo’a demikian untuk sahabat saya mas

  13. kunjungan pertama dan salam kenal …
    janji setia? sepertinya kesetiaan hanya milikNYA, pengkhiatan adalah sifat manusia.
    salam.

    Mila : Salam kenal juga🙂, yah SETIA itu hanya milik-NYA, hanya kepada-NYA lah kata setia digantungkan

  14. hehe tidak ada mbak janji setia sebelum pernikahan..yang dah nikah aja pasti kalau salah satunya tiada jarang sekali untuk yang mau setia banyakan pada nyari penggantinya haha
    kayanya yang kaya gitu cuma ada di novel2 dan film drama deh mbak ^^
    nice posting ahaha

    Mila : Yang model kayak begitu mungkin belum mengerti arti kesetiaan dalam pernikahan paling ya mas🙂

  15. itu cinta monyet teh…
    hehe kalau soal kesetiaan, aku ada cerita:

    suatu ketika temanku akau tanya, “Eh kau serius g nih ikut organisasi ini?”
    dianya diem bentar…. lalu ujug-ujug nyeloroh, “Hmmm..itu bukan buat di jawab bang..harus dibuktikan….”

    Yup, kesetiaan tu bukan soal iya ato tidak, tapi soal dilakukan ato tidak…

    sip2

    oya teh, gimana ceritanya nemu blogku yah? hehe
    makasih lho komennya

    Mila : Setia itu akan lebih baik lagi kalau tidak hanya dalam bentuk kata-kata, haruh dibuktikan dengan perbuatan juga, iya kan mas🙂

  16. janji setia..?
    mudah diucapkan tapi susah untuk di jalankan…
    kecuali orang itu sudah benar2 tulus , ikhlas, lilahita’ala…tidak memikirkan dunia semata…
    itu mungkin baru bisa…

    Mila : Dan hanya hidup untuk-Nya

    Salam kenal balik mas🙂

    salam kenal..
    kunjung balik ya..

    thanks.

  17. heheheheh… itulah gak enaknya kalo menceritakan sesuatu yang belum pasti dalam blog..
    tapi Alhamdulillah mila dapat pelajaran disitu..

    Salam kenal..
    linknya sudah disimpan🙂 ntar kalo udah lia pasang tak kabarin…
    sukses selalu ^_^

    1. Hi mila apa kabar

      link blog nya sudah terpasang di side bar lia..
      silahkan dicheck.. semoga persahabatan terjalin ya

      Mila : Alhamdulillah saya senantiasa baik, terimakasih udah di link, semoga kita bisa berbagi dan menjalin silatirahmi ya mba🙂

  18. saya pernah merasakannya mbak..
    memang tidak ada tuh janji setia dalam pacaran..
    hahaha

    Mila : Setia dalam pacaran itu anget-anget tai ayam gitu gak mas, makanya jangan pacaran sebelum nikah gitu kali yah🙂 [sok tau lagi nih :)]

  19. Sebuah kesetiaan hanya akan bisa di buktikan oleh waktu, apakah mereka benar-benar setia dan menjaga kesetian pada pasangannnya (Pernikahannya) klo masih belum nikah mengubar kata cinta dan setia kayanya 1001 aza yang bisa membuktikan ucapannya itu hihihi
    No offense… :-p

    Mila : Kata setia sebelum pernikahan itu belum pasti, intinya gitu kan mas🙂

  20. janji setia tentu saja ada
    masih ada bagi jiwa2 yang bersih hatinya🙂

    Mila : Pasti !!!!, bagi jiwa-jiwa yang terus berserah diri kepada-NYA

  21. Assalaamu’alaikum Mila

    Alhamdulillah, akhirnya posting baru muncul juga. Begitu deh.. semangat harus ada. Teruskan menulisa dan berkarya untuk memantapkan jiwa dan minda.

    Kesetiaan adalah kunci kebahagiaan dan harus dipelihara dengan baik. namun begitu jika kesetiaan itu sudah berakhir, maka jangan dikesali kerana ada pelajaran yang Allah berikan kepada kita untuk diambil iktibarnya dan ia satu jalan untuk mendapat yang lebih baik dari sebelumnya. jangan kecewa, ambil hikmahnya Mila. Senyum special buat Mila di sana.😀

    Mila : Wa’alikumussalam….

    Hmmm….Bunda Fatimah emang komentator ulung dah, saya setuju dengan komentarnya Bunda….Selalu ada Hikmah di setiap peristiwa, semoga kita bisa memetiknya🙂

  22. tapi susah kak keknya, tapi saia tak kan brenti untuk mencoba setia padaNya🙂

    Btw, link kak mila telah terpasang di halaman tukeran link saia🙂

    Mila : Belajar dan terus berusaha menggapai SETIA-NYA

    Terimakasih linkbacknya de🙂🙂

  23. Janji setia memang baiknya saat ijab qabul di depan penghulu aja.

    Kunjungan perdanaku nih, mbak. Salam kenal yaaa

    Mila : Dan harus dapat dibuktikan setelah selesai ijab kabul gitu kan yah🙂

    Salam kenal juga Lia, semoga kita bisa berbagi🙂

  24. ada kalanya datang
    dan ada kalanya harus pergi
    cinta,,,
    cinta yang hakiki hanya pada tuhan😀

    Mila : Cinta…cinta koq selalu pergi yah dari sayah [gurakkkk, gak nyambung mil :)]

  25. Ada janji setia yang ga perlu diucapkan dengan kata-kata mesra..
    Janji hati namanya…jadi cuma kita sendiri yang tahu🙂

    Mila : Setidaknya tidak ada yang tersakiti ketika janji itu diingkari🙂

  26. jadi ada dua pilihan mbak….
    menikahi orang yang kita cintai…. attau
    mencintai orang yang kita nikahi…..jangan sampe salah…..

    Mila : Kalau menurut saya, dua-duanya akan lebih baik, betul kan yah😀

  27. Adakah janji setia ? Ada dong….😀
    Dan itu bukan cuma di pernikahan…
    Bisa antara sahabat, bisa antara rakyat dengan negaranya…
    macem-macem deh..

    Mila : Betul bgd mba🙂

  28. aduhhhhhh mending kita jangan terlalu banyak janji dech……………. berusaha az…….. kita berusaha tuhan yang menentukan ya ga? jadi ga usah janji2 biar ga banyak hutang janji

    Mila : Man purpose Allah dispose, gitu kan yah🙂

  29. hohoho…nyesek banget pasti.
    tapi ya begitulah, hubungan yang terikat resmi aja bisa ada yang bubar, apalagi yang belum terikat apa-apa

    tukeran link ya mil😀

  30. ins.Allah Ada🙂 selagi ke dua pasangan saling mengertii.. pastii ada.. cari dulu baik2 dehh .. msih ada tuh yg setiaa..

  31. soal cinta sejati, dalam hubungan akhi dan ukhti, kesetiaan sejati tampak dalampernikahan. maka harus dipertahankansetia kepada suami/ istri. sama Alloh pasti.
    cinta dalam pacaran itu tidak asli. sementara.

  32. tak ada janji setia kecuali setelah aqad bukan…aahh jd ingat nasehat om tereliye di postingan FBnya “apa artinya mengumbar cinta di jejaring sosial kemudian putus dan status, tulisan dan fto2 itu mau dikemanakan”…cukup belajar dr orng sekitar untuk hal ini🙂

Tulis komentar mu, kawan :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s